Sabtu, 16 Juni 2012

Peranan Matematika sebagai Dasar di Berbagai Bidang Ilmu

Seperti kita ketahui bahwa matematika dijuluki sebagai pelayan Ilmu karena setiap bidang studi lain atau orang yang memerlukan matematika akan dilayani, secara singkat hal ini dapat dilihat pada beberapa bidang berikut:
1.      Fisika
Dalam bidang studi Fisika banyak sekali konsep-konsep Fisika yang dapat diterjemahkan dan dijelaskan serta digunakan setelah menggunakan konsep-konsep Matematika. Misalnya: Rangkaian Listrik dapat dijelaskan dengan menggunakan Logika, Persamaan Posisi, Kecepatan dan Percepatan yang dapat diperoleh dengan menggunakan konsep kalkulus diferensial maupun integral, Menghitung kemiringan sudut pada sebuah gerak atau yang lain dapat dicari dengan menggunakan Trigonometri, selanjutnya teori relatifitas enistein yang terkait dengan energi juga dapat dijelaskan setelah menggunakan konsep matematika dengan rumusan , selain hal-hal tersebut tentunya masih banyak lagi dalam bidang studi Fisika yang dapat dibantu dengan menggunakan Matematika khususnya terkait dengan perhitungan.
2.      Kimia
Dalam bidang studi ini tidak jauh dengan bidang studi Fisika, karena sebagian konsep-konsep Kimia dapat dijelaskan, dan digunakan setelah mendapatkan penjelasan dengan menggunakan konsep Matematika, khususnya Logika dan Perhitungan, sebagai contoh tentang konsep asam dan basa, dalam Kimia tentunya akan menggunakan konsep logaritma, bilangan-bilangan konstanta pun juga menggunkan konsep perhitungan matematika.

3.     Biologi
Bidang studi ini juga dapat dijelaskan dan dipelajari dengan menggunakan konsep matematika, sebagai contoh: untuk mempelajari sel tentunya memerlukan alat untuk memperbesar sel tersebut, hal ini dalam matematika disebut sebagai transformasi.
4.      Olahraga
Pada bidang ini sangat banyak sekali yang menggunakan konsep matematika, khususnya konsep pengukuran, misalnya ukuran lapangan sepakbola, bola voley dan ukuran lapangan yang lainnya. Pada olahraga menerapkan standar pengukuran dari sebuah pertandingan apakah levelnya nasional atau internasional.
5.      Arsitektur
Seorang arsitek dalam merancang sebuah bangunan tentunya sangat memerlukan matematika sebagai alat untuk memperhitungkan ukuran bangunan tersebut, volume pekerjaannya, bahan bangunan yang diperlukan, kemiringan bangunan dan masih banyak lagi yang bisa diterjemahkan dengan menggunakan Matematika
6.      Kedokteran
Dalam dunia kedokteran, ketepatan dan kecermatan dalam memperhitungkan sebuah resep pengobatan tentunya sangat diperlukan, hal ini sejalan dengan Matematika tentunya. Seoarang dokter memberikan resep dokter tentu dengan memperhitungkan umur pasien, komposisi obat yang harus diberikan, selain itu misalnya dalam praktik operasi tentunya diperlukan deteil yang sangat teliti hingga taraf erornya mendekati nol (konsep limit). Dalam memperkirakan perkembangan suatu virus atau bakteri tentunya diperlukan perhitungan yang tepat agar diagnosa dokter menjadi tepat dan akurat.
7.      Seni
Pada seni musik kita ketahui bahwa nada-nada yang dihasilkan oleh alat musik begitu indah, tentunya alat-alat tersebut didesain dengan memperhatikan perbandingan yang cukup unik sehingga dapat menghasilkan nada-nada yang indah. Tentunya perbandingan-perbandingan tersebut menggunakan konsep matematika juga.
8.      Ekonomi
Pada praktik perekonomian peranan matematika dalam melayaninya tentunya tidak dapat dielakkan lagi, karena dengan matematika roda perekonomian dapat berjalan dengan baik. Misalnya untuk menghitung untung rugi, prosentase keuntungan, atau kerugian. Dengan data matematika seoarang ahli ekonomi mampu memprediksi dan menterjemahkan keadaan ekonomi suatu Bangsa. Dan yang paling penting dalam dunia Ekonomi Matematika melayani segala perhitungan yang digunakan oleh ekonomi.
9.      Geografi
Ketika belajar tentang peta, tentunya Geografi akan dilayani oleh Matematika tentang skala, yang merupakan konsep matematika tentang Transformasi. Ketika terjadi gempa, gempa tersebut dapat diterjemahkan dengan grafik dan angka, sehingga dapat mengetahui kekuatan gempa dan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi berikutnya.
10.  Sosiologi
Dengan melihat hasil statistik, tentunya akan dapat menterjemhkan berbagai hal terkait masalah-masalah kependudukan, sehingga pada akhirnya digunakan sebagai pertimbangan untuk menetapkan kebijakan selanjutnya.
11.  Astronomi
Dengan layanan matematika astronomi akan dengan mudah menterjemahkan dan memprediksi kejadian-kejadian di luar angkasa.
12.  Bidang studi yang lain
Sepertinya jika kita perhatikan ternyata seluruh bidang studi yang ada selalu dilayani oleh Matematika, dan yang disebutkan diatas hanyalah sedikit dari fungsi matematika sebagai pelayan ilmu pengetahuan.

0 komentar:

Posting Komentar