Sabtu, 24 Desember 2011

Elementary Math (For Parents)

0 komentar


As educational research into learning and development grows, Elementary Math teaching practices are changing. An entirely new approach to teaching math is being implemented in my childrens’ schools, and it has not happened without controversy. On the whole, I have been impressed and pleased with the fun and easy games my daughter is playing because I can see that she really is learning the concepts of math in a powerful way. At the same time, I worry – what about memorization of facts or paper and pencil tests (i.e. standardized test scores)? I decided to do some research into the topic, and I’ll share with you what I found on the Web.

Theoretical Foundations and Innovative Teaching Practices
To understand the background of educational reform

Rabu, 14 Desember 2011

Kartu Ajaib

0 komentar


Kartu ajaib, pertama mendengar kata “Kartu Ajaib” mungkin anda merasa penasaran dan ingin segera mengetahuinya. Mengapa disebut kartu ajaib? apa istimewanya? mungkin itu adalah beberapa pertanyaan yang terlintas dibenak anda. Kartu ini “ajaib” karena dapat digunakan untuk menebak tanggal lahir (ataupun angka). Kartu untuk menebak tanggal lahir ini terdiri dari lima buah kartu, masing-masing kartu berisi 16 angka yang disusun.

Bagaimana cara mainnya? Ajaklah seorang teman anda, kemudian mintalah teman anda untuk memikirkan tanggal lahirnya tetapi

Senin, 12 Desember 2011

Apa itu ‘Diskalkulia’ ?

0 komentar


Apakah yang dimaksud ‘Discalculia’?
‘Dyscalculia’ mengacu pada kesulitan ketika mengerjakan perhitungan matematika. Ketika hubungannya dengan bahasa, digunaka istilah ‘Dyslexia’ atau juga ‘Dysgraphia’. Pada intinya, ‘Dyscalculia’ adalah ketidakmampuan searing anak dalam menyerap konsep aritmatika. Aturan yang digunakan untuk pendidikan khusus diskalkulia beragam dari negara ke negara. Pada awal penilaiannya, siswa akan mengalami kesulitan yang terlihat signifikan dalam aritmatika, lalu baru dapat ditegakkan diagnosisnya dengan melalui serangkain tes, sebelum pada akhirnya akan diberikan pengajaran khusus. Namun sayangnya, siswa dengan gejala diskalkulia ini suit di diagnosis terutama mereka yang

Puisi Cinta ala Matematika

0 komentar


Saat aku bersua dengan eksponen jiwamu,
sinus kosinus hatiku bergetar
Membelah rasa
Diagonal-diagonal ruang hatimu
bersentuhan dengan diagonal-diagonal bidang hatiku
Jika aku adalah akar-akar persamaan
x1 dan x2
maka engkaulah persamaan dengan akar-akar
2×1 dan 2×2

Minggu, 11 Desember 2011

Sejarah Teori Peluang

0 komentar


Teori peluang menyangkut dengan cara menentukan hubungan antara sejumlah kejadian khusus dengan jumlah kejadian sebarang. Misalnya pada kasus pelemparan uang sebanyak seratus kali, berapa kali akan munculnya gambar.
Teori peluang awalnya diinspirasi oleh masalah perjudian. Awalnya dilakukan oleh matematikawan dan fisikawan Itali yang bernama Girolamo Cardano (1501-1576). Cardano lahir pada tanggal 24 September 1501. Cardano merupakan seorang penjudi pada waktu itu. Walaupun judi berpengaruh buruk terhadap keluarganya, namun judi juga memacunya untuk mempelajari peluang. Dalam bukunya yang berjudul Liber de Ludo Aleae (Book on Games of Changes) pada tahun 1565, Cardano banyak membahas konsep dasar dari peluang yang berisi tentang

Puisi Matematika: Guru Matematikaku

0 komentar


Guru matematikaku

Diwajahnya ada bintik-bintik hitam(x,y)
Jerawat memang,
Tapi bukan buatan
Alis matanya rapi bukan diarsir
Bola matanya kongruen dan ekuivalen

Guru matematikaku
Tiap hari bermain angka-angka

Sabtu, 10 Desember 2011

Keindahan Dalam Dunia Matematika

0 komentar



Anda pasti kenal dengan ilmu matematika, apakah anda suka dengan matematika? atau justru anda membencinya? Jika anda yang termasuk golongan yang benci matematika, coba deh baca artikel di bawah ini, mungkin akan sedikit mengubah pandangan anda tentang matematika. Silahkan disimak.
Keindahan Dalam Dunia Matematika
Perhatikan perkalian dan penjumlahan dengan angka yang berurutan, hasilnya pun

Siapa Penemu Angka Nol ?

0 komentar




Dunia Barat boleh mengklaim bahwa mereka adalah kawasan sumber ilmu pengetahuan. Namun sejatinya, yang menjadi Gudang Ilmu Pengetahuan adalah kawasan Timur Tengah (kawasan Arab maksudnya, bukan Jawa Timur-Jawa Tengah). Mesopotamia, peradaban tertua dunia ada di kawasan ini juga.


Muhammad bin Musa Al Khawarizmi





Masyarakat dunia sangat mengenal Leonardo Fibonacci sebagai ahli matematika aljabar. Namun, dibalik kedigdayaan Leonardo Fibonacci sebagai

PERMAINAN MATEMATIKA

0 komentar


    MENEBAK BATIN ORANG
Permainan ini dimulai dari mempersiapkan sebuah atau lebih hitungan aljabar yang akan digunakan untuk permainan . Misalnya n adalah sebuah bilangan yang disebutkan dalam batin seseorang.
Pertama-tama disusun hitungan aljabar oleh yang mengajak bermain, umpama:
{2(n + 1) + 4} : 2 = n + 3
Kemudian lawan bermain kita diminta untuk melakukan perintah-perintah berikut :
1. Sebutkan dalam batinmu sebuah bilangan.
2. Tambahkan bilangan tersebut dengan 1
3. Kalikan 2
4. Kemudian tambah lagi dengan 4
5. Bagilah hasilnya dengan 2
6. Sebutkan hasil terakhir ini
Misal lawan bermain kita memikirkan bilangan 5; dalam merespon

Jumat, 09 Desember 2011

Refleksi Indikator Guru Matematika yang Profesional

0 komentar


Menurut saya indikator guru matematika profesional yang ditulis Pak Marsigit tidaklah terlalu susah untuk diterapkan, yang penting adalah kemauan untuk merubah diri menjadi lebih baik. Terbuka menerima masukan, termasuk menerima perubahan paradigma pembelajaran matematika.
Indikator pertama dan kedua tentang guru matematika profesional yang dikemukan Pak Marsigit adalah memanfaatkan dan mengembangkan lingkungan belajar matematika; dan mengembangkan sumber-sumber belajar matematika. Benda-benda yang ada disekitar lingkungan sekolah dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Misalnya pemanfaatan barang bekas untuk media pembelajaran, pemanfaatan buahan-buahan disekitar lingkungan sekolah sebagai

Kamis, 08 Desember 2011

Refleksi Peran Penelitian dalam Pengembangan Pendidikan Matematika

0 komentar
Saya setuju dengan pendapat Pak Marsigit bahwa sebagai seorang guru atau calon guru matematika yang inovatif dituntut untuk selalu melakukan pembahasan mengenai bagaimana kita mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran matematika yang sesuai dengan trend terkini. Pembelajaran matematika seperti juga ilmu lain mengalami perkembangan dan untuk itu penelitian oleh guru dalam rangka mengembangkan pendidikan matematika sudah tentu sangat diperlukan. Hanya saja masalah masih sangat terbatas jumlah guru yang mampu melakukan penelitian. Bercermin pada pengalaman pribadi, saya masih bingung melakukan penelitian. Saya bingung masalah seperti apa sih yang yang layak diteliti? Padahal ketika mengajar saya sering mencoba berbagai pendekatan