Rabu, 14 Desember 2011

Kartu Ajaib


Kartu ajaib, pertama mendengar kata “Kartu Ajaib” mungkin anda merasa penasaran dan ingin segera mengetahuinya. Mengapa disebut kartu ajaib? apa istimewanya? mungkin itu adalah beberapa pertanyaan yang terlintas dibenak anda. Kartu ini “ajaib” karena dapat digunakan untuk menebak tanggal lahir (ataupun angka). Kartu untuk menebak tanggal lahir ini terdiri dari lima buah kartu, masing-masing kartu berisi 16 angka yang disusun.

Bagaimana cara mainnya? Ajaklah seorang teman anda, kemudian mintalah teman anda untuk memikirkan tanggal lahirnya tetapi
tanpa menyebutkannya kepada anda. Jika sudah, tunjukkan kartu pertama dan tanyakan kepada teman anda apakah angka yang dimaksud ada di kartu pertama. Kemudian kartu kedua, tanyakan apakah angka yang dimaksud juga ada dikartu kedua. Begitu seterusnya sampai kartu kelima. Jika angka yang dimaksud teman anda ada dikartu pertama, kartu kedua dan kartu keempat, maka angka yang dimaksud teman anda adalah 11. Kemudian jika angka yang dimaksud hanya ada di kartu keempat dan kelima maka angka yang dimaksud adalah 24. Bagimana bisa?
Sebagai contoh, kita akan mencari angka 9. Perhatikanlah bahwa angka 9 hanya terdapat pada kartu pertama dan kartu keempat. contoh lain, kita akan mencari angka 27, maka angka 27 ada disemua kartu kecuali kartu ketiga. Apakah anda sudah tahu kuncinya? ya betul, kita hanya tinggal menjumlahkan angka pertama di pojok kiri atas pada kartu jika angka yang dimaksud ada dikartu tersebut. Maka jika angka yang dimaksud ada di kartu ketiga dan kelima, maka dengan mudah kita dapat menebak angka yang dimaksud adalah 20.
Syarat dari permainan ini adalah kejujuran dari teman anda, bisa saja sebenarnya angka yang dimaksud ada dikartu pertama tetapi teman anda tidak mau mengatakannya. Jadi sebelum memulai permainan ini, mintalah agar teman anda jujur. Selamat mencoba, semoga sukses.

0 komentar:

Posting Komentar