Selasa, 03 Januari 2012

Belajar Matematika



Matematika Mudah
Matematika Mudah
Salah satu tugas guru adalah melaksanakan pembelajaran. Apa artinya? Banyak sekali para ahli yang mendefinisikan hal belajar maupun pembelajaran. Tetapi dari berbagai definisi yang ada, kita dapat menarik beberapa hal mengenai pembelajaran. Dalam pembelajaran, Guru harus dapat mencipatakan suatu kondisi yang memungkinkan siswa agar dapat belajar dan juga harus berupaya membangkitkan inisiatif belajar siswanya. Dalam teori pembelajarn kostruktivis, Guru tidak berperan sebagai
pemberi pengetahuan, tetapi lebih berperan sebagai fasilitator siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan. Jadi, siswa lebih banyak berperan dalam mengkonstruk pengetahuannya sendiri, bukan hasil dari transformasi pengatahuan. Sedangkan guru hanya berperan sebagai fasilitator.

Dalam menerima informasi, khususnya dalam hal belajar matematika, sebagian besar siswa hanya belajar dengan membaca tetapi tidak disertai dengan praktik mengerjakan soal. Apa yang terjadi? yang terjadi adalah pada saat belajar dengan membaca tersebut, siswa merasa sudah memahami dan yakin bisa mengerjakan soal tetapi pada saat mengerjakan soal yang sebenarnya siswa menjadi lupa cara mengerjakannya.
Kenapa? Hal tersebut terjadi karena jika hanya dengan membaca, informasi yang kita serap hanya kurang lebih sebesar 10%. Kalau kita mendengarkan (dengan penuh konsentrasi) ketika sesorang menyampaikan informasi, kita bisa menyerap hingga 20%. Tingkat melihat lebih tinggi lagi, yaitu bisa mencapai 30%. Coba perhatikan gambar Kerucut Pengalaman Belajar berikut:

Kerucut Pengalaman Belajar
Ternyata kalau kita melihat dan mendengarkan sebuah informasi, kita bisa menyerap informasi hingga 40%, sedangkan kalau kita juga sambil mengatakan informasi yang kita terima mencapai 70%. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan? Cara yang lebih baik adalah dengan mengatakan dan lakukan, karena bisa mencapai 90%.
Bahkan dosen saya, Pak Sugiarto selalu menyampaikan hal ini kepada mahasiswanya menggunakan sebuah nyanyian bernada Tombo Ati agar mudah diingat.
Dengan mendengar kita lupa kita lupa....
Dengan melihat  kita ingat kita ingat....
Dengan mencoba kita bisa kita bisa....
Mari kita coba dan terus mencoba!
Kembali lagi ke permsalahan belajar matematika, berdasarkan kerucut pengalaman belajar di atas, yang harus dilakukan siswa dalam belajar matematika adalah tidak hanya dengan membaca, tetapi juga harus memahami konsepnya dan disertai dengan latihan mengerjakan soal secara rutin. Matematika merupakan ilmu eksak, tidak bisa dipahami hanya dengan membacanya secara instant.

0 komentar:

Posting Komentar